Header Ads

Sejarah pada 7 agustus 1937 silam





Goal.com Pada tanggal 7 Agustus 1937 silam, tim nasional Indonesia mulai menunjukkan taringnya di pentas internasional ketika berhasil menahan imbang klub dari Cina, Nan Hwa, dengan skor 2-2.

Hasil imbang yang didapat oleh Maladi, Djawad, Moestaram, Sardjan dan lainnya di Gelanggang Union, Semarang, tersebut dapat dibilang sangat mengejutkan karena Nan Hwa pernah mencukur timnas Belanda dengan skor telak 4-0.

Keberhasilan timnas Indonesia, yang berada di bawah naungan PSSI, tersebut mengejutkan NIVU (Nederlandsch Indische Voetbal Unie) yang membawahi timnas Hindia Belanda yang juga bermarkas di Tanah Air.

NIVU saat itu akhirnya merasa takut dan melanggar perjanjian dengan PSSI, yaitu terkait dengan tim bentukan untuk ke Piala Dunia. Sebelumnya, telah disepakati bahwa tim dari PSSI dan tim dari Hindia Belanda akan saling berhadapan untuk menjadi ajang seleksi tim Piala Dunia, namun karena NIVU tidak mau kehilangan muka maka mereka tidak menggelar laga tersebut, dan langsung mengirim tim Hindia Belanda ke Piala Dunia 1938. PSSI pun tidak dapat berbuat banyak karena FIFA mengakui NIVU sebagai perwakilan dari Hindia Belanda.

Hasilnya, tim Hindia Belanda lolos dari babak kualifikasi karena Jepang mengundurkan diri. Namun, mereka langsung tersingkir di babak pertama ketika dicukur Hungaria dengan skor 6-0.

Mungkin, apabila timnas Indonesia bentukan PSSI yang ditampilkan, akan ada sejarah yang lebih manis dalam partisipasi pertama negara ini di Piala Dunia

No comments

Powered by Blogger.